7 Emulator Ringan Untuk Laptop dan PC Spesifikasi Rendah / RAM Kecil

7 Emulator Untuk Laptop dan PC Spesifikasi Rendah - Kini memiliki smartphone android bukanlah hal yang spesial, mungkin beberapa tahun yang lalu di sekitar kita hanya ada satu atau dua orang saja yang memiliki smartphone android, namun kini kita bisa melihat hampir setiap orang di sekitar kita memiliki smartphone android, bahkan yang lebih parah mereka memiliki lebih dari satu smartphone android. Hal tersebut tentu sangat wajar mengingat kebutuhan setiap orang yang berbeda-beda ada yang cukup dengan satu smartpone, ada pula yang kurang. Terutama mereka yang menjalankan bisnis online yang membutuhkan lebih dari satu smartphone android.

7 Emulator Ringan Untuk Laptop dan PC Spesifikasi Rendah / RAM Kecil

Sistem operasi android memang cukup populer belakangan ini, di tahun 2017 dan kedepannya akan terus mengalami peningkatan jumlah pengguna. Kita bisa melihat jika saat ini berbagai brand smartphone memproduksi smartphone android dengan berbagai versi dan model. Ada yang high end ada pula untuk segmen low-end yang di bandrol dengan harga bersahabat.

Tak ketinggalan pula kini pengguna Laptop dan PC bisa mencicipi gurihnya android berkat aplikasi emulator android. Dulu aplikasi emulator android yang populer dan banyak di pakai adalah bluestack, namun kini sudah tidak terhitung lagi berapa jumlah aplikasi emulator, ada puluhan aplikasi yang di kembangkan oleh vendor berbeda dimana setiap aplikasi menawarkan kelebihan masing-masing.

Pada kesempatan kali ini tipsandronesia.com membagikan informasi seputar emulator android yang memiliki kinerja cepat dan handal namun juga sangat ringan, sangat cocok di gunakan untuk laptop atau PC dengan RAM sekitar 2 GB. Meskipun nanti dengan RAM 2 GB ada saja kendala yang akan terjadi, terutama untuk memainkan game dengan kebutuhan spesifikasi yang besar.

Sangat penting sekali bagi kita mengetahui mana emulator yang tepat untuk di install di Laptop dan PC kita, karena seperti yang kita tahu, ukuran emulator tidaklah kecil, yang mana tentu kita membutuhkan kuota untuk mendowloadnya, jika sampai tidak berjalan dengan baik yang ada kita rugi. Namun kita perlu mencoba berbagai macam emulator android untuk mengetahui mana emulator yang tepat dengan Laptop atau PC kita, karena jika hanya mencoba satu emulator, kita tidak akan tahu mana emulator yang tepat.

Berikut ini kami bagikan beberapa emulator yang sudah sangat populer dan terkenal serta ringan yang bisa di coba. Ingat, tidak semua emulator di bawah bisa berjalan dengan lancar, semua tergantung dari spesifikasi laptop atau PC dan apa yang di instal atau di mainkan di dalamnya.

1. Nox App Player

Nox App Player
Nox App Player merupakan emulator android yang di desain khusus untuk mereka pecinta game, bagaimana tidak, dengan desain yang minimalis dan fitur yang lengkap serta mendukung pengguna saat bermain game membuat aplikasi ini harus di coba. Fitur unggulan yang sangat menarik dari Nox App Player adalah Kontrol Keyboard dimana dengan menggunakan fitur ini kita sebagai pengguna tidak perlu menggerakkan mouse untuk bermain game, namun bisa menggunakan keyboard sehingga terasa main game PC.

Fitur lain yang tidak kalah menarik dari Nox App Player adalah fitur Multi-Instance dimana kita bisa memainkan apliaksi atau game secara bersamaan sampai 4 game sekaligus dalam waktu yang sama. Namun tentu saja spesifikasi laptop sangat menentukan lemot tidaknya jika menggunakan fitur ini. Jika RAM laptop di bawah 4 GB tentu tidak kami sarankan untuk menggunakan fitur ini, cukup mainkan aplikasi atau game satu per satu saja.

Untuk menggunakan Nox App Player paling tidak kita harus menggunakan PC atau Laptop dengan spesifikasi minimal RAM 1.5 GB dengan sistem operasi Windows Vista, Windows 7, 8 dan Windows 10. Untuk versi android Nox App Player menggunakan android 4.4.2 / KitKat. Bisa jadi kedepannya lebih tinggi lagi.

Download Nox App Player

2. MEmu Android Emulator

MEmu Android Emulator
Bisa di bilang Memu merupakan altenatif emulator yang patut di coba karena emulator yang satu ini sudah mendukung akses root ke dalam sistemnya. Emulator ini juga menawarkan berbagai versi android yang bisa kita pilih sesuai selera kita, ada Jellybean, KitKat dan Lollipop, kedepannya mungkin Marshmallow dan Nougat di tambahkan. Pilihan versi android ini tentu menguntungkan kita, kita bisa memilih mana versi android yang sesuai dengan aplikasi yang nantinya kita jalankan. Semisal aplikasi tersebut minimal berjalan di Lollipop, kita bisa memilih versi Lollipop ke atas untuk memainkannya.

Selain itu tenyata dengan menyediakan versi yang berbeda, akan memudahan para pengembang jika ingin mengetes suatu aplikasi ke android versi tertentu, karena tidak semua aplikasi kompatibel sehingga perlu adanya pengujian.

Untuk performa MEmu memang bisa di andalkan dan cukup cepat, pihak MEmu mengklaim dari hasil uji Benchmark AnTuTu menghasilkan skor 2x lebih cepat dari pada smartphone-smartphone keluaran terbaru.

Jika anda tertarik dengan MEmu paling tidak anda sudah menggunakan laptop atau PC dengan Chipset AMD atau Intel dengan minimal OS Windows Vista. Jika tertarik dengan MEmu Emulator bisa download langsung di bawah ini.

Download MEmu Emulator

3. Droid4X

Droid4X
Droid4X merupakan emulator android yang menjadi pesaing berkat fiturnya yang menarik. Kelebihan lain dari emulator yang satu ini adalah bisa di jalankan di OS Windows dan juga MAC OS, itulah informasi yang kami dapatkan di Internet. Aplikasi yang satu ini terkenal ringan dan memiliki grafis yang sangat bagus.

Yang tidak kalah menarik dari fiturnya adalah adanya Add Ons khusus yang mana bisa kita download sesuai dengan kebutuhan kita, semisal untuk bermain game, bisa menambahkan smartphone kita sebagai controller menggunakan bantuan sensor acceleromator yang terdapat di smartphone.

Droid4X merupakan emulator yang ringan sehingga cocok di gunakan untuk PC dan laptop dengan spek minimal, namun tentu saja untuk pengalaman yang lebih baik, paling tidak kita menggunakan laptop dengan RAM minimal 4 GB.

Download Droid4X

4. KoPlayer

KoPlayer
KoPlayer merupakan emulator selanjutnya yang memiliki kemampuan dna fitur lengkap namun tetap ringan di jalankan. Dimana untuk mencoba emulator ini bisa menggunakan RAM dengan kapasitas minimal 512 MB namun tentu saja sanat kami rekomendasikan anda menggunakan RAM minimal 4GB agar lancar saat membuka aplikasi atau game terutama yang membutuhkan banyak RAM.

Sama halnya dengan NOX App Player, emulator KoPlayer mampu menjalankan beerapa aplikasi atau game sekaligus, fitur lain yang tidak kalah keren adalah fitur untuk merekam layar menjadi video sehingga kita bisa langsung merekam kegiatan yang kita lakukan tanpa harus mendownload aplikasi perekam lagi.

KoPlayer di dukung akses root ke sistem sehingga kita bisa menjalankan semua aplikasi yang membutuhkan akses root dengan mudah tanpa ribet setting sana sini. Melihat fitur yang cukup lengkap, KoPlayer bisa menjadi emulator alternatif terbaik yang bisa anda coba sekarang.

Download KoPlayer

5. Bluestack

Bluestack

Emulator selanjutnya yang memang sudah sangat terkenal dan populer di kalangan pengguna android adalah Bluestack, emulator yang satu tentu sudah sangat familiar dan apabila berbicara masalah emulator, rasanya kurang lengkap jika tidak membahas bluestack.

Bluestack sudah lama hadir tepatnya tahun 2011 dan merupakan generasi awal emulator android di bandingkan emulator lainnya.

Agar terus menjadi emulator yang berkualitas, bluestack terus melakukan pembaharuan atau update untuk memperbaiki bug atau error dan untuk meningkatkan kualitasnya.

Versi bluestack sudah sampai ke versi 3 dan mungkin ke depannya akan bertambah lagi untuk memperbaharui kinerjanya. Di atas 85% game dan aplikasi bisa berjalan di emulator yang satu ini. Mungkin itu di karenakan nilai uji Benchmark AnTuTu lebih tinggi dari pada NOX.

Emulator Bluestack sangat cocok untuk pengguna awal atau pemula, karena untuk instalasi dan konfigurasi sangat mudah sehingga semua sudah otomatis di lakukan oleh Bluestack.

Apabila anda tertarik dengan emulator yang satu ini, minimal PC kita harus memiliki RAM minimal 2 GB dengan OS minimal Windows XP SP3. Tentu saja sama dengan emulator yang lain, untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik, paling tidak kita harus menggunakan RAM di atas 4 GB.

Download Bluestack

6. Remix OS Player

Remix OS Player

Emulator ringan selanjutnya yakni Remix OS Player, emulator yang satu ini memiliki tampilan desain home seperti windows 10 sehingga kita lebih familiar dengan tampilannya. Namun tentu saja yang di jalankan nantinya adalah aplikasi android. Yang menjadi keunggulan dari Remix OS Player adalah kita bisa mensetting sendiri kebutuhan spesifikasi mulai dari RAM, CPU serta resolusi layarnya, kita bisa menyesuaikan dengan perangkat PC dan Laptop yang digunakan.

Apabila kita menggunakan PC atau Laptop dengan spesifikasi pas-pasan biarkan Remix OS Player yang otomatis menentukan, kita tidak perlu mengaturnya, namun jika menggunakan PC atau Laptop spesifikasi tinggi sebaiknya kita yang mengatur untuk mendapatkan settingan yang optimal atau masuk ke mode Advanced. Namun meskipun terkenal ringan dan handal, emulator yang satu ini membutuhkan spesifkasi laptop dengan spesifikasi cukup tinggi, yakni RAM 4GB dengan chipset, Core i3, i5 dan Core i7. Menurut kabar yang beredar, emulator ini tidak cocok dengan chipset AMD, sehingga bagi anda pengguna AMD lebih baik memilih emulator yang lain.

Jika tertarik dengan emulator Remix OS Player bisa langsung mendownload melalui link yang kami bagikan berikut ini.

Download Remix OS Player

7. LeapDroid

LeapDroid
Emulator selanjutynya yang memiliki fitur lengkap dan rinagn adalah LeapDroid, bisa di katakan jika emulator yang satu ini merupakan emulator pendatang baru dan tentu saja bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang memiliki laptop atau PC dengan spek pas-pasan.

Fitur yang tentu saja hampir kita temukan di beberapa emulator yang lain adalah slide-by-slide dimana kita bisa menjalankan beberapa aplikasi atau game secara bersamaan.

Emulator yang satu ini juga sudah di dukung akses root secara default sehingga kita bisa melakukan semua aktifitas tanpa ada halangan. Aplikasi ini tentu menjadi altenatif terbaik bagi anda.

Untuk menggunakan emulator ini dengan lancar paling tidak kita menggunakan Laptop atau PC dengan spesifikasi minimal RAM 2 GB. Akan lebih baik jika menggunakan RAM di atas 4 GB.

Namun perlu di ketahui, founder Leapdroid melalui situs resmi LeapDroid bahwa mereka berhenti melakukan pengembangan di karenakan bekerjasama dengan Google. Mungkin saja kedepannya akan ada emulator yang hampir sama dengan LeapDroid hasil besutan Google.

Jika anda ingin mengunduhnya, silahkan cari di internet karena di situs resminya sudah tidak tersedia.

MANA EMULATOR YANG TERBAIK?

Kami sarankan bagi anda sebelum mendownload emulator untuk mengecek terlebih dahulu spesifikasi PC atau Laptop dan sesuaikan dengan emulator yang di inginkan, apabila mendukung bisa dicoba. Tentu saja jangan sampai anda memaksakan emulator yang di luar spesifikasi Laptop anda.

Untuk pemula kami sarankan menggunakan Bluestack, karena emulator ini sangat user friendly bagi pemula. Namun apabila anda sudah cukup mahir, bisa mencoba emulator yang lain satu per satu dan tentukan mana emulator yang tepat untuk kebutuhan anda.
Baca Juga: 3 Emulator Android Yang Lebih Ringan Dari Bluestacks, Perlu Di Coba!
Itulah beberapa emulator ringan yang bisa Anda coba, beberapa emulator sudah kami sediakan link downloadnya untuk memudahkan Anda. Cukup demikian semoga apa yang kami bagikan bisa bermanfaat dan terimakasih sudah membaca ulasan Emulator Android Ringan Terbaik Untuk PC dan Laptop.
Raditz KilmZ

Raditiya, Seorang Anak Muda Yang Suka Berbisnis Online, Anime, Gaming, Menulis dan Berbagi Informasi

Artikel Terkait

Previous
Next Post »